rss

Minggu, 14 Maret 2010

Keunikan Burung Kasuari


Mungkin anda sudah mengetahui satwa yang satu ini ya betul mereka adalah segeromblolan burung kasuari. Pada artikel saya ini, saya akan sedikit membahas tentang hewan unik satu ini. Kemarin sepulang dari sekolah adik saya membawa majalah tentang hewan hewan unik di Indonesia kemudian saya meminjam majalah adik saya terbebut.
Dan isinya pun sangat menarik saya pun membacanya sangat suka apalagi dengan rubik yang ada dalam majalah anak-anak tersebut.

Ya langsung saja lah pada initi pembahasan kita. Kasuari adalah burung yang sangat unik tubuhnya besar dan tidak bisa terbang. Biasanya kasuari hanya hanya berjalan-jalan dan berlari-lari. Sifatnya hampir sama dengan burung unta. Hanya saja kalau burung burung unta sedikit lebih besar dan ketinggianya pun bisa mencapai 2meter. Sedangkan kasuari tinnginya tidak sampai 2 meter. Burung kasuari ini memiliki senjata yang sangat luar biasa juga. Senjatanya adalah tendangan yang sangat keras dan mampu merubuhkan lawan seketika. Mungkin burung ini bisa dijuluki sebagai penendang Hebat kali??


Burung kasuari ini pun jugan memiliki 2 spessies yang sangat unik pula yakni
A. Kasuari Gelambir Tunggal (Casuarius unappendiculatus)
B. Kasuari Gelambir Ganda ( Casuarius casuarius)


A. Kasuaruri Gelambir Tunngal


Kasuari yng satu ini dapat kita jumpai di Negara kita Indonesia dan Papua New Guinea, tentunya di pulau Papua. Daerah sebaranya berada dibagian utara pulau ini dan dari sinilah nama inggrisnya berasal yakni Northeren Cassowary . Selain menghuni dataran papua barat burung ini juga terdapat di Pulau Yapen, Batanta, dan Salawati, Masih sekitar papua.







Kasuari gelambir Tunngal



Walaupun badanya besar, Sehingga mestinya mudah dilihat dan diteliti, tidak banyak yang diketahui tentang burung ini. Tidak seperti saudaranya Southren Cassowary ( Casuarius casuarius ) yang lebih diketahui cara hidupnya. Hanya saja burung ini diketahui hidupnya di hutan dataran rendah termasuk rawa-rawa. Kasuari Gelambir tunggal adalah pemakan buah buahan tetapi dia tidak bisa mengupas kulit buah tersebut. Jadi langsung saja ditelan semua bersama biji bijinya nya. Ketika membuang kotoran , biji bijian buah yang tidak ikut dicernapun keluar brsama kotoran dan bisa tumbuh lagi. Wah bisa jadi penebar benih tersubur nih.
Kehidupan burng kasuari ini pun mulai terusik pasalnya diburu oleh manusia dan dimakan dagingnya sementara bulu dan tulangnya dibuat sebagai hiasan. Bahkan telurnya pun dijadikan perhiasan. Karena hal ini pula Pemerintah RI memasukkan Hewan ini dalam criteria burungt langka.




B. Kasuari Gelambir Ganda



Kasuari gelambir ganda atau (Casuarius casuarius) memiliki ciri berukuran besar dengan ketinggian mencapai 170cm dan memiliki blulu hitam yang keras dan kaku. Kulit lehernya berwarna biru dan terdapat dua gelambir berwarna merah pada lehernya. Di atas kepalanya terdapat tanduk yang tinggi berwarna kecoklatan. Burung betina pun sama dengan burung jantan, dan biasanya berukuran lebih besar dan lebih dominan. Burung kasuari mempunyai kaki yang besar dan kuat dengan tiga buah jari-jari kaki.


Kasuari Gelambir ganda

Populasi kasuari Gelambir ganda terbesar terdapat di hutan dataran rendah Australia, Pulau Irian dan Pulau Seram di Provinsi Maluku. Burung kasuari ini biasa hidup sendiri, berpasangan hanya pada waktu musim kawin saja. Anak burung dierami oleh induknya dan dibesarkan oleh burung besar

Kasuari Gelambir Ganda






Anak Kasuari





Berbagai Sumber red.


Banner Nge-Blog

6 komentar:

Anonim mengatakan...

burung yang cantik

Akhatam on 14 Maret 2010 pukul 11.25 mengatakan...

Walah... Lucunya tu yang paling bawah... hehehe

Amdhas on 14 Maret 2010 pukul 14.08 mengatakan...

saya ini pecinta burung...tapi enggan memeliharanya

M. Wiyono on 14 Maret 2010 pukul 16.04 mengatakan...

mantabbb berbagi follow di blog ku ya....

Kintaro kazami on 14 Maret 2010 pukul 20.13 mengatakan...

waktu kecil lucu, setelah besar bisa nyerang manusia pula tu hehehe...

In-Free Download MP3 on 16 Maret 2010 pukul 15.30 mengatakan...

wah benar benar unik ya,,,,makasih info nya


Posting Komentar

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Iklan


Masukkan Code ini K1-78D4D1-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Suported By

Guest book

Tukar Link



Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali

Kolom blog tutorial

 

Pengikut

Ayo Bikin Pusing Pinguin!