rss

Kamis, 08 Oktober 2009

Grammar Suroboyo Kreasi Anak Surabaya


Sebenarnya video tentang grammar suroboyo telah lam beredar. Tetapi pada artikel ini saya akan membahas yang namanya grammar suraboyo ini menurut sepengetahuan saya. Jadi anda berhak untuk berkomentar terhadap artikel yang saya tulis ini.

Langsung saja saya mulai dari tokoh yang berperan dalam video ini. Didalam video ini menceritakan tentang dua sahabat yang selalu bersama serta selalu tolong menolong. Yakni Suro( sejenis ikan pesut)& Boyo(buaya). Kedua tokoh ini diambil berdasarkan Legenda kota Pahlawan ini dulunya kedua binatang ini saling bertarung untuk menentukan siapa yang berhak menjadi penguasa sungai. Tetapi pertikaian ini tidak ada yng memenagkanya sehingga warna sungai mas yng menjadi tempat perkelahian antara dua binatang menjadi merah bak sungai darah.



Tetapi didalam Grammar Suroboyo ini cerita diubah semenarik mungkin dan sekonyol mungkin dengan bahasa Jawa suroboyoan. Kemudian didalam video yng berlebel Gatotkoco studio ini juga mengangkat budaya dari Surabaya khususnya Profinsi Jatim dan Indonesia selain budaya, kuliner pun juga ikut dibahas didalam video ini. Seperti Lontong Balap yang menjadi kuliner yang sangat populer dari kota pahlawan ini. Darisegi bahasa,yang digunakan pun juga bahasa sehari hari dari masyarakat kota pahlawan ini. Contohnya : Dengan menggunakan kata cok ataupun bisa juga dengan Jancok. Kedua kata ini sangat banyak fungsinya bagi warga yang khususnya masyarakat asli Surabaya Contoh ketika kita bertemu orang yang kita kenal ataupun sahabat kita “halo piye kabare suwe ora ketemu cok?” Selain menanyakan kabar dapat juga digunakan ketika mengekspressikan kekesalan contohnya: “huy Jancok’i matamu a gak disawang lek iki onok uwong!”menurut situs Jancok.com yang menjelaskan tentang penggunaan kata Jancok ini.



Kemudian dari Grammar Suroboyo itu sendiri juga berpesan bahwa kita harus melestarikan apa yang telah diwariskan oleh kakek & nenek moyang kita. Siapa lagi kalau bukan kita ? Maka dari sinilah, dari grammar suroboyolah kita mengetahui kreasi arek-arek Suroboyo






Note: video Grammar suroboyo ini adalah video yang khusus dibuat untuk orang Dewasa.


Banner Nge-Blog

3 komentar:

MbahDoyok on 9 Oktober 2009 pukul 15.52 mengatakan...

kreatif terus dan berkarya suroboyooo

Ali Munandar on 10 Oktober 2009 pukul 11.16 mengatakan...

wah anak2 Indo ternyata banyak yg kreatif2 yak

Ali Homsin F on 10 Februari 2010 pukul 13.19 mengatakan...

ok sob....ayu maju terus suroboyo khususnya n jawa timur umume...ok cuk!


Posting Komentar

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Iklan


Masukkan Code ini K1-78D4D1-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Suported By

Guest book

Tukar Link



Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali

Kolom blog tutorial

 

Pengikut

Ayo Bikin Pusing Pinguin!