rss

Minggu, 25 Oktober 2009

Metode Dakwah Secara Islami


A. Apa itu Dakwah

Mengapa saya memilih judul ini untuk sebuah artikel saya ini. Ya mungkin salah satunya saya melihat saudara- saudara yang miskin tentang ilmu pengetahuan tentang agama. Begitu pula dengan saya, saya pun juga perlu dan sangat perlu sekali mendalami ilmu. Bulan yang lalu saya mengikuti kegiatan pondok Da’i Romadhon yang diselenggarakan oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah atau yang lebih dikenal dengan IPM.

Saya berharap didalam diri saya Pribadi mendapatkan ilmu persiapan guna berdakwah seiring dengan kemajuan zaman. Selain itu saya juga ingin sekali didalam bulan Ramadhan yang telah kita lalui itu mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan berguna kelak.didalam kegiatan tersebut saya mendapatkan sebuah materi yng isinya sangat tepat yaitu tips dan trik untuk cara-caranya.


Sebelum saya menjelaskan tentang makna dakwah itu sendiri.Mungkin anda tida sabar untuk bertanya kepada ustad maupun Kiyai yng berada di daerah sekitar anda. Menurut yang saya dapatkan didalam kegiatan Pondok Da’i Romadhon dakwah berasal dari kata da’ a didalam bahasa arab yang berarti mengajak menyeru kepada umat atauapun saudara kita. Sedangkan menurut pendapat ataupun istilah dakwah berarti mengajak atau menyeru kepada suatu kelompok orang atau orang untuk berbuat kebaikan dan kembali ke jalan Alloh Swt. Hukum bagi kita sekalian umat muslim ialah wajib seperti yang disebutkan didalam surat Ali Imran ayat 110


artinya: kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya ahli kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik.

Dapat kita simpulkan bahwa kita dilahirkan di Dunia ini selain untuk beribadah kita pun juga diutus untuk berdakwah sebagaimana sabda Rasulullah yang artinya bahwa:
“sampaikanlah apa yang (kamu terima) dari padaku walupun satu ayat.”

Sebagaimana sabda beliau (Rasulullah) jangan kita malu untuk menyampaikan ilmu agama yng kita terima walaupun hanya satu ayat. Alloh juga akan memberikan balasan bagi orang yang berdakwah sebagaimana yng di Firmankan Alloh didalam surat Ali Imran ayat ke 104

B. Asas-Asas Dakwah

Dakwah juga memiliki beberapa asas. Sebagiman yng saya sebutkan dibah ini


1. Ilmu yng mendasari bagaiman kita berdakwah.
2. Perlunya amal perbuatan dari setiap yang ia serukan kepada orang lain, sehinnga menjadi tauladan dan ikutan yng baik.
3. Seorang da’i harus ikhlas, menjadikan dakwahnya semata- mata ditujukan keada Alloh SWT.
4. Memulai persoalan yang paling penting ,yitu perbaikan aqidah.
5. Bersabar dalam menghadapi kendala yng dialami ketika berdakwah.
6. Seorang da’i hendaknya menghiasi hidupnya dengan akhlaq yng mulia.
7. Setiap da’i hendaknya memiliki kegigihan dalam memeperjuagkan cita-cita, tak mudah menyerah, dan pantang putus asa dari mengharap pertolongan Alloh

C. Cara-Cara Berdakwah


1. Dakwah Langsung.
2. Tidak langsung
3. Dengan lisan (bil lisan)
4. Deengan perbuatan



Note: metode dan asas- asas tersebut dapat anda simpulkan sendiri.


Banner Nge-Blog

1 komentar:

Adnan Ashari on 14 November 2009 pukul 10.23 mengatakan...

bismillah... (denadnan)


Posting Komentar

Translator

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
by : BTF

Iklan


Masukkan Code ini K1-78D4D1-B
untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com

Suported By

Guest book

Tukar Link



Copy kode di bawah masukan di blog anda, saya akan segera linkback kembali

Kolom blog tutorial

 

Pengikut

Ayo Bikin Pusing Pinguin!